Sebagai pebisnis online dalam menjalankan usahanya di suatu negara pasti ada ketentuan hukum yang berkaitan  yang harus di patuhi. Namun sayangnya berbagai undang undang yang di keluarkan pemerintah tentang berbisnis online masih jarang di ketahui masyarakat banyak.

Nah di sini kita coba paparkan undang undang apa saja yang harus kalian ketahui tentang bisnis online di Indonesia

Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

  1. Undang-undang ini mengatur tentang penggunaan informasi dan transaksi elektronik dalam berbagai kegiatan, termasuk perdagangan online. Ada beberapa hal yang diatur dalam undang-undang ini seperti identifikasi pengguna, keamanan transaksi elektronik, serta penyelesaian sengketa.

Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

  1. Undang-undang ini mengatur tentang hak-hak konsumen dalam melakukan transaksi, termasuk perdagangan online. Beberapa hal yang diatur dalam undang-undang ini antara lain kewajiban penjual untuk memberikan informasi yang jelas dan benar tentang produk atau jasa yang dijual, kewajiban untuk menjamin keamanan dan kualitas produk, serta kewajiban untuk memberikan jaminan dan layanan purnajual.

Peraturan Menteri Perdagangan No. 50/M-DAG/PER/8/2012 tentang Pedagang Melalui Sistem Elektronik

  1. Peraturan ini mengatur tentang pedagang yang melakukan perdagangan melalui sistem elektronik atau online. Beberapa hal yang diatur dalam peraturan ini antara lain kewajiban pedagang untuk memberikan informasi yang jelas dan benar tentang produk atau jasa yang dijual, kewajiban untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data pelanggan, serta kewajiban untuk memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan.

Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

  1. Undang-undang ini merupakan perubahan dari Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Beberapa hal yang diatur dalam undang-undang ini antara lain kewajiban penyedia jasa transaksi elektronik untuk menjaga kerahasiaan data pelanggan, serta kewajiban untuk melakukan tindakan yang diperlukan jika terjadi pelanggaran hukum.

Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi

  1. Peraturan ini mengatur tentang layanan pinjam meminjam uang yang menggunakan teknologi informasi atau peer-to-peer lending. Beberapa hal yang diatur dalam peraturan ini antara lain persyaratan izin penyelenggara layanan pinjam meminjam uang, kewajiban untuk menyediakan informasi yang jelas dan benar tentang produk atau jasa yang ditawarkan, serta kewajiban untuk menjaga kerahasiaan data pelanggan.

Nah sekarang mulai paham khan, ternyata semua ada aturannya. Aturan ini menjaga kita agar tidak terlibat masalah di kemudian hari nanti.